Uji t nilai siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen

  • Pencipta
    Topik
  • #6202
    adi lubis
    Peserta

    Diketahui data nilai antara 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control sbb:
    1 75 85
    2 60 50
    3 80 90
    4 55 90
    5 75 75
    6 80 95
    7 65 85
    8 60 80
    9 50 65
    10 80 100
    11 50 75
    12 70 65
    13 65 80
    14 65 80
    15 65 80
    16 75 95
    17 80 80
    18 95 95
    19 60 75
    20 70 85
    21 60
    22 70
    23 60
    Diketahui 2 buah nilai hasil tes prestasi belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 23 dan 20 siswa, masing-masing nilainya seperti tabel samping.
    Ujilah apakah nilai tersebut secara statistika terdapat perbedaan
    a. Tuliskan hipotesisnya.
    b. Hitung nilai t.
    c. Cocokkan dengan nilai t tabel.

Melihat 6 balasan - 1 sampai 6 (dari total 6)
  • Penulis
    Balasan
  • #6324

    diketahui 2 buah nilai hasil tes prestasi belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimmen masing￾masing 23 dan 20 siswa, masing-masing nilainya seperi tabel samping. ujilah apakah nilai tersebut secara statistika terdapat perbedaan a. tuliskan hipotesisnya b. hitung nilai t c. cocokkan dengan nilai t tabel

    #6330
    R-Stats
    Keymaster

    Untuk menyelesaikan sola di atas, buat terlebih dahulu yang diketahui. Yang diketahui \(n_1 = 23\) dan \(n_2 = 20.\) Selanjutnya Hitung rata-rata dan standar deviasi. Dari hasil penghitungan diperoleh rata-rata \(\bar{x}_1 = 68\text{,}0435\) dan \(\bar{x}_2 = 81\text{,}25,\) sedangkan standar deviasi adalah \(s_1 = 10\text{,}9481\) dan \(s_2 = 12\text{,}0170.\) Untuk melakukan pengujian,

    1. Pertama, buat hipotesis penelitian. Pengujian yang dilakukan apakah kedua kelas memiliki perbedaan. Maka hipotesis null-nya tidak ada perbedaan hipotesis alternatifnya adalah terdapat perbedaan. \[\begin{aligned} \text{H}_0 : \mu_1 -\mu_2 = 0 \\ \text{H}_1 : \mu_1 -\mu_2 \neq 0 \end{aligned}\] Hasilnya -3,7456
    2. Lakukan pengujian statistik mengunakan Uji \(t\) atau biasa disebut hitung t hitung. Gunakan rumus
      \[t = \frac{(\bar{x}_1 – \bar{x}_2) – (\mu_1 – \mu_2)}{\sqrt{\displaystyle \frac{s_1^2}{n_1} + \frac{s_2^2}{n_2}}}\]
    3. Tentukan titik kritis \(t_{\alpha, df}\) atau biasa biasa disebut t tabel. \(\alpha\) adalah tingkat signifikansi. Jika tidak disebutkan di soal, gunakan saja 0,05. \(df\) adalah degree of freedom atau derajat bebas. Untuk mendapatkannya gunakan rumus \[df = \frac{\left(s_1^2/n_1 + s_2^2/n_2\right)^2}{\displaystyle \frac{(s_1^2/n_1)^2}{n_1} + \frac{(s_2^2/n_2)^2}{n_2}} \] Hasilnya mungkin sekitar 38 atau 39. Jika hasilnya tersebut dalam bentuk desimal, maka genapkan saja.
    4. Tarik kesimpulan yaitu, tolak \(\text{H}_0\) jika -t hitung < -t tabel atau t hitung > t tabel. Tidak menolak \(\text{H}_0\) jika -t hitung > -t tabel atau t hitung < t
    #6391
    Werlog Haji
    Peserta

    Nilai μ 1 dan μ 2 berapa ka

    #6396
    R-Stats
    Keymaster

    \(\mu_1\) dan \(\mu_2\) itu tidak usah dicari. Yang penting selisih keduanya adalah 0. Maksudnya tidak ada perbedaan antara kedua rata-rata populasi.

    #6507
    herlin
    Peserta

    xbar 1 lebih kecil dari xbar 2 min, apakah tidak apa2 jika hasil t hitungnya adalah negatif?

    #6512
    R-Stats
    Keymaster

    Ya, tidak apa-apa. Jika nilainya negatif, maka nanti gunakan kurva distribusi normal sebelah kiri. Jika nilainya positif, maka nanti gunakan kurva distribusi normal sebelah kanan. Sebenarnya penjelasan ini sudah saya sebutkan di atas di urutan nomor 4.

Melihat 6 balasan - 1 sampai 6 (dari total 6)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.