Rumus besar sampel dengan analitik korelatif? Saya bingung

  • Pencipta
    Topik
  • #5102
    Said Rafly

    Maaf, tp saya bingung dengan rumus ini. Penelitian saya berjudul korelasi panjang telapak kaki dengan tinggi badan di Provinsi Riau. Untuk besar sampel saya menggunakan rumus analitik korelatif dgn didapatkan sampel minimal 113.

    n = {(za + zb)/0,5ln [(1+r)/1-r)]}kuadrat

    Pertanyaan saya, apa bisa rumus ini digunakan walaupun besar populasi sampai 3 jutaan? trs gimana rumusnya kalo jumlah populasi cuma 100 org?

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Penulis
    Balasan
  • #5103
    R-Stats
    Keymaster

    Rumus tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan informasi penelitian sebelumnya dan tingkat kesalahan yang diinginkan.

    Tidak ada ketentuan khusus menentukan berapa jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian. Sampel sebanyak 30 saja sebenarnya sudah cukup digunakan untuk analisis korelasi. Namun begitu semakin banyak sampel maka tingkat kesalahan tentu saja semakin kecil.

    Selain itu kita juga harus mengetahui bagaimana gambaran karakteristik populasi, apakah homogen atau heterogen.

    Misalnya yang ingin diketahui korelasi panjang telapak kaki dengan tinggi badan populasi penduduk yang laki-laki berumur 28 tahun tentu saja dengan 30 sampel saja sudah cukup. Tapi jika populasinya adalah penduduk laki-laki san perempuab dari bayi hingga umur 80 tahun, tentu saja membutuhkan sampel yang besar. Misalnya mendekati 100 (jika populasi 100).

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.