Penentuan sampel purposive sampling atau sampel jenuh

  • Pencipta
    Topik
  • #6714

    assalamualaikum, saya sedang melakukan skripsi dan sedang bingung untuk menentukkan sampel. kriteria sampel saya itu yaitu:
    a. Perusahaaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 =23
    b. Perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang konsisten berada di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017 (9)
    c. total sampel: 14
    yang saya mau tanyakan itu, saya harus menggunakan purposive sampling atau sampel jenuh dari kriteria diatas? pertama saya menggunakan purposive sampling terus suruh diganti menggunakan sampel jenuh sama dosen saya. dari yang saya baca kebanyakan jurnal memakai purposive sampling. yang saya binggung adalah apakah kriteria sampel itu bisa pakai sampel jenuh?

Melihat 3 balasan - 1 sampai 3 (dari total 3)
  • Penulis
    Balasan
  • #6742
    R-Stats
    Keymaster

    Jika memungkinkan menggunakan sampel jenuh, maka lakukan sampel jenuh. Purposive sampling dilakukan jika sampel cukup besar dan tidak memungkinkan melakukan sampel jenuh. Selalu ingat bahwa, semakin banyak sampel yang digunakan maka hasil penelitian akan semakin baik.

    #6760

    jika saya menggunakan sample jenuh, apakah kriteria sampel seperti itu juga? sungguh saya masih ragu pakai sample jenuh soalnya kan sampel jenuh itu semua anggota populasi diambil jadi sampel. kalau diambil semua kan 23 perusahaan dimasukkan jadi sampel lalu yang dikurangi 9 berarti tidak usah dong? tapi jika 23 perusahaan dimasukkan semua masalahnya ada beberapa perusahaan yang belum IPO sebelum periode 2013-2017.

    #6765
    R-Stats
    Keymaster

    Kalau menurut saya, ambil saja seluruh sampelnya. Namun untuk analisis, gunakan hanya sebagian sampel yang relevan saja. Misalnya ketika analisis membutuhkan hanya perusahaan yang sudah IPO, maka sebutkan bahwa yang dianalisis hanya perusahaan yang sudah IPO saja. Ketika analisis membutuhkan perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang konsisten berada di Bursa Efek Indonesia, maka gunakan sampel perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang konsisten berada di Bursa Efek Indonesia saja.

Melihat 3 balasan - 1 sampai 3 (dari total 3)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.