pendidikan IPS SD

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #12864
    ningsi
    Peserta

    1.
    Bu Ida akan mengajarkan materi ”Peranan Sumpah Pemuda” di kelas 5 dengan menerapkan metode pembelajaran yang berlandaskan pendekatan personal. Bantulah Bu Ida dalam membuat rancangan penggunaan metode tersebut!
    2.
    Bu Hida akan mengajarkan materi ”Aktivitas Ekonomi yang Berkaitan dengan Sumber Daya Alam” di kelas 4 dengan menerapkan metode pembelajaran yang berlandaskan pendekatan modifikasi perilaku. Bantulah Bu Hida dalam membuat rancangan penggunaan metode tersebut!
    3.
    Bu Erlin telah selesai mengajar materi ”Peninggalan Sejarah Kerajaan Budha di Indonesia.” Kegiatan Bu Erlin sebagai guru adalah mengevaluasi ketercapaian hasil belajar para siswanya dari aspek kognitif. Bantulah Bu Erlin menyiapkan instrumen untuk menilai penguasaan materi siswa pada level kognitif C3!
    4.
    Sebelum bel tanda istirahat berbunyi, siswa kelas 5 telah selesai belajar IPS materi ”Kegiatan Ekonomi.” Pak Andre menyampaikan informasi bahwa minggu depan siswa akan diukur capaian kompetensi belajarnya. Pak Andre belum menyiapkan alat evaluasi, tetapi sudah menentukan ranah yang akan diukur, yaitu sikap sosial para siswanya.
    Rancanglah alat evaluasi yang sesuai untuk membantu Pak Andre!
    5.
    Pak Ponidi telah mengajar selama 15 tahun di sekolah dasar. Selama ini, Pak Ponidi menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan saat mengajar IPS di kelas 4. Pak Ponidi mengamati karakteristik siswa kelas 4 saat ini berbeda dengan awal mengajar dulu. Siswa menjadi lebih kritis ketika menemui masalah tertentu, khususnya saat pembelajaran di kelas. Pak Ponidi berencana mengubah proses pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran yang lebih aktif. Pak Ponidi ingin menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pemecahan masalah sesuai dengan karakteristik siswanya, tetapi belum mengetahui langkah-langkah penerapannya. Bantu Pak Ponidi menyiapkan rancangan penerapan model untuk materi ”Permasalahan Sosial.”
    6.
    Matahari bersinar cerah. Jam menunjukkan pukul 09.00. Setelah istirahat, para siswa kelas 5 bersiap untuk belajar IPS dengan Bu Narti. Siswa nampak antusias menyambut guru. Topik yang dipelajari merupakan kelanjutan dari minggu sebelumnya, yaitu ”Kegiatan Ekonomi.”Bu Narti sebagai salah satu guru inspiratif di sekolah, telah membawa berbagai macam alat dan bahan yang dibutuhkan. Bu Narti telah berencana jauh-jauh hari untuk menerapkan metode proyek. Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran yang harus difasilitasi Bu Narti untuk para siswanya?

Buku Referensi Penyelesaian :

Buku Pengantar Peluang dan Distribusi

Dengan membeli buku ini di online bookstore kami, Anda berkesempatan mendapatkan konsultasi gratis bersama kami mengenai Peluang dan Distribusi (Distribusi Normal, Binomial, Hipergeometrik, Poisson, dll) selama 7 hari setelah buku ini sampai ke tangan Anda.

~ R-Stats (Shopee)

Jawaban :

  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.
Tanya Statistik

FREE
VIEW