Manajamene berbasis Sekolah

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #13176
    Kang Braga
    Peserta

    1. SD Negeri “Milenial-1” yang dipimpin oleh bapak “Ronaldo” merupakan sekolah dasar yang sudah selalu melibatkan perwakilan orang tua murid. Hampir 60% program kegiatan sekolah dibantu dari penggunaan SPP. Namun beberapa waktu belakangan ini ada beberapa orang tua yang memberikan protes kepada pihak sekolah karena anaknya tidak mendapatkan pelayanan yang diinginkan orang tua yang sudah selalu patuh membayar SPP.

    Berdasarkan kasus di atas, buatlah strategi revitalisi untuk meningkatkan peran orang tua dalam meningkatkan mutu sekolah dalam kaitannya dengan penerapan konsep MBS.

    2. SD Negeri “Milenial-2” yang dipimpin oleh bapak “Neymar”adalah sekolah yang berada dipinggiran kota Mukomuko. Jumlah peserta didik sekolah ini hampir 300 siswa dengan 50 guru dan 10 tendik. Guna meningkatkan mutu sekolah dengan visi “Menjadi sekolah Unggul dan Berkarakter” maka kepala sekolah mengajak semua guru, orang tua dan stackholder membuat misi sekolah agar sejalan dengan visi sekolah.

    Berdasarkan pada data tersebut, Anda diminta mendidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pembuatan misi sekolah tersebut!

    3. SD Negeri “Milenial-3” yang dipimpin oleh bapak “Kurniawan” adalah sekolah yang berada dipusat kota Bintuhan. Jumlah peserta didik sekolah ini hampir 350 siswa dengan 60 guru dan 15 tendik. Sarana dan prasarana yang dimilki sekolah ini sudah baik. Akreditasi sekolah ini adalah B. Guna meningkatkan mutu sekolah sengan cara menaikan nilai akreditasi sekolah, maka kepala sekolah sudah membuat beberapa program kerja tahunan sekolah. Program dibuat dengan cara memberikan tugas kepada guru senior. Setelah program selesai selanjutkan kepala sekolah menunjuk seorang guru yang sudah S2. Setelah program selesai, kepala sekolah menyampaikan laporannya kepada pengurus komite sebagai pertanggungjawaban.

    4. Berdasarkan informasi tersebut, anda diminta menganalisa peran kepala sekolah dalam penyusunan program, pelaksanaan program dan pelaporan serta kaitannya dengan pengukuran efektivitas penerapan MBS!
    Bapak “Gagap” adalah kepala sekolah yang baru bertugas SD Negeri “Milenial-4”. Sekolah ini berada dipusat kota Ketahun. Jumlah peserta didik sekolah ini hampir 250 siswa dengan 30 guru dan 8 tendik. Sarana dan prasarana yang dimilki sekolah ini sudah baik. Akreditasi sekolah C. Guna meningkatkan mutu dan memperbaiki nilai akreditasi sekolah, selanjutnya kepala bermaksud menerapkan MBS.

    Dimisalkan Anda adalah kepala sekolah SD Negeri Milenial-4, buatlah bagan tahapan apa saja yang akan Anda lakukan dalam menerapkan MBS!

Jawaban :

  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.