metode penelitian

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #14894
    dewi07
    Peserta

    Kondisi pembelajaran dalam jaringan membuat kegiatan praktikum pokok bahasan asam basa
    tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Guru Mata Pelajaran Kimia di SMAN 1 Palembang
    mengembangkan video virtual kegiatan praktikum pokok bahasan asam basa sebagai solusi dari
    permasalahan diatas. Sebelum pembelajaran guru mengadakan pretest sehingga dapat
    membandingkan dengan nilai posttest di akhir. Anda sebagai mahasiswa akhir tertarik melakukan
    penelitian menguji pengaruh video virtual pada kegiatan praktikum pokok bahasan asam basa
    terhadap hasil belajar siswa.
    Susunlah latar belakang penelitian dan rumuskan tujuan penelitian dengan benar!
    Latar belakang yang Anda susun harus memfokuskan masalah sesuai dengan topik penelitian
    diatas. Latar belakang terdiri dari masalah yang ada dan solusinya.
    Lanjutkan dengan merumuskan tujuan Penelitian. Tujuan penelitian yang Anda rumuskan
    sebagai arah, petunjuk, atau pengontrol yang memandu seluruh aktivitas penelitian yang akan
    dilakukan

Jawaban :

Melihat 2 balasan - 1 sampai 2 (dari total 2)
  • Penulis
    Jawaban
  • #14900
    dewi07
    Peserta

    tolong dong kk,, apa jawabannya

     

    #14959
    Melinda
    Peserta

    Latar Belakang Masalah

    ilmu kimia merupakan ilmu yang di peroleh dan di kembangkan berdasarkan

    eksperimen yang mencari jawaban atas pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana gejala

    gejala alam khususnya yang berkaitan dengan komposisi, struktur, sifat, tranformasi dinamika

    serta energitika suatu zat. Goldberg (2008) mengemukakan bahwa kimia adalah kajian

    mengenai materi dan energi dan interaksi di antara keduanya serta pengukuran materi (dan

    energi) sebagai massa, sifat-sifat yang dapat di gunakan untuk mengidentifikasi jenis

    materi dan klarifikasi dasar materi. Oleh sebab itu, kimia merupakan mata pelajaran yang

    bersifat abstrak, karena pembelajaran kimia diperlukan penalaran dalam mengkaji setiap

    pembahasan.Selama ini siswa menganggap bahwa belajar kimia tidak mudah, hal ini

    diakibatkan karena proses belajar mengajar sangat lemah. Sehingga proses komunikasi dalam

    penyampaian materi tidak mencapai tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik

    akan terjadi apabila siswa memiliki minat belajar sehingga aktivitas belajar siswa berjalan

    sesuai dengan tujuan pembelajaran.

    Berdasarkan pengalaman peneliti selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

    menunjukkan suasana kelas yang membosankan, sehingga membuat siswa tidak berminat

    dalam belajar, guru juga masih menggunakan media berupa buku paket sekolah, dan

    dijelaskan secara menonton, dan berdasarkan observasi di sekolah tersebut guru masih juga

    mengunakan metode ceramah dalam menjelaskan pelajaran. Proses belajar mengajar akan

    berlangsung dengan baik, apabila guru menggunakan media atau perangkat pembelajaran yang

    menarik, yang dapat membangun minat belajar siswa. Sehingga siswa dapat berperan aktif

    selama proses pembelajaran dan akan mempermudah siswa dalam memperoleh informasi

    informasi mengenai pembelajaran yang akan dipelajarinya Salah satu cara untuk membangun

    hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan media atau perangkat pembelajaran yang akan

    mendukung proses belajar mengajar.

    Media adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyalurkan pesan

    sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian siswa dalam proses

    pembelajaran. Latuheru (1993) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah bahan,

    alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses

    interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan

    berdaya guna. Penggunaan media dalam proses belajar dapat menarik perhatian dan

    membangkitkan minat serta semangat siswa untuk belajar. Ali (2009) mengemukakan bahwa

    penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer mempunyai pengaruh yang signifikan

    terhadap daya tarik siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan. Penggunaan media

    pembelajaran dapat menghemat waktu persiapan mengajar, dan meningkatkan motivasi

    belajar mahasiswa. Media pembelajaran dengan berbagai aplikasi yang menarik dapat di

    terapkan dalam pembelajaran kimia seperti media gambar atau poster, media komik, dan juga

    media video. Penggunaan media pembelajaran tidak hanya menjadikan pembelajaran lebih

    menarik, akan tetapi pembelajaran yang disampaikan menjadi mudah dipahami, mampu

    memperjelas konsep kimia yang abstrak dan tujuan pada pembelajaran lebih cepat tercapai

    (Octavianti, dkk., 2014). Materi larutan asam basa dalam pembelajaran kimia termasuk dalam

    materi yang sulit dipahami siswa. Dikarenakan siswa hanya mempelajari tentang materi dan

    pokok bahasanya saja tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuangkan

    kreatifitas dan keterampilan mereka melalui kegiatan praktikum.

    Menurut Erniwati (2014), Melalui kegiatan praktikum siswa dapat mencapai tiga

    ranah secara bersama-sama, yaitu; (1) Tingkat kognitif dimana dapat memahami teori dan

    menerapkan teori pada permasalahan nyata; (3) Afektif yaitu merencanakan kegiatan secara

    mandiri, bekerja sama, dan mengkomunkasikan informasi; dan (3) Psikomotor dengan belajar

    memasang peralatan sehingga betul-betul berjalan, memakai peralatan dan instrumen

    tertentu.Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan salah seorang guru kimia di sekolah

    SMA Negeri 1 Palembang, bahwa kenyataan yang ada di sekolah khususnya Kota Palembang,

    kegiatan praktikum di sekolah tersebut tidak dapat dimaksimalkan karena alat-alat

    laboratorium yang dimiliki sekolah umumnya hanya terbatas pada materi tertentu, dan

    memerlukan waktu yang lebih banyak sehingga pembelajaran yang terjadi di kelas adalah

    siswa yang hanya mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Idealnya praktikum

    dilakukan di dalam laboratorium, tetapi banyak guru tidak sempat mempersiapkan bahan dan

    alat, sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dimanfaatkannya suatu media video

    pembelajaran berbasis praktikum kimia. Media praktikum berbasis video memanfaatkan

    teknologi komputer dalam pembelajaran melalui kegiatan praktikum. Hal ini sesuai

    pernyataan Putra (2013), Pendayagunaan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) sebagai

    sarana pendukung pembelajaran merupakan salah satu dampak positif dalam mengembangkan

    pengetahuan. Dengan adanya video praktikum virtual dalam kegiatan pembelajaran yang

    dilengkapi dengan penggabungan antara gambar dan suara membawa materi dapat

    divisualisasikan sehingga siswa dapat berlatih menyimpulkan dan mengenal bahan dan alat

    laboratorium. Demikian juga guru, dengan adanya video pembelajaran guru dapat

    mempelajari di rumah sebagai bahan pelajaran dan dapat meminta siswa untuk membantu

    menyiapkan alat dan bahan seperti yamg dijelaskan oleh video pembelajaran virtual.

    Tujuan Penelitian

    1. Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan video pembelajaran praktikum virtual

    sebagai media belajar dengan menggunakan software Corel Video Studio Pro.

    1. Untuk melihat hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis praktikum kimia dengan

    menggunakan media hasil pengembangan virtual.

Melihat 2 balasan - 1 sampai 2 (dari total 2)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.