MATERI DAN PEMBELAJARAN IPS DI SD

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #12135

    1. Bu Nina seorang guru yang kreatif, selalu mearancang pembelajaran yang menarik bagi siswanya.
    Beliau menggunakan berbagai pendekatan, metodee, dan media yang berganti-ganti setiap pertemuan.
    Semua hal yang terdapat di sekitar Bu Nina selalu dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Anak-anak
    sangat mudah memahami hal yang disampaikannya karena semua yang disampaikan selalu berkaitan
    dengan kenyataan yang berada di sekitar siswa. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok untuk
    mendiskusikan berbagai permaalahan atau hal menarik yang ditemuinya.
    1. Jelaskan pembelajaran Bu Nina yang sudah menggunakan pendekatan kontekstual!
    2. Uraikan 4 kegiatan yang dapat dilakukan Bu Nina untuk membuat pembelajarannya menjadi lebih
    kontekstual!

    2. Pak Hamzah adalah guru senior yang sangat kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pemeblajaran.
    Beliau selalu memulai pembelajaran dengan apersepsi yang menarik dan beragam, yaitu lagu, puisi, pantun, cerita, dan lainnya. Pada kegiatan inti beliau sering menggunakan kasus-kasus nyata yanga
    ada di lingkungan sekitar anak yang menjadi pemantiknya. Diskusi kelompok selalu dilaksanakan
    dengan berbagai tipenya agar anak tidak bosan. Penilaian dilakukan selama proses, semua hal yang
    dilakukan anak mendapatkan penilaian dengan indikator yang jelas dan anak-anak mengetahuinya
    sehingga mereka menjadi semangat dalam mengikuti berbagai aktivitas yang dilakukan. Pada akhir
    pembelajaran siswa menarik kesimpulan dengan bimbingan guru. Tugas untuk dikerjakan di rumah
    selalu ada, mengerjakan soal, membaca buku, atau membuat laporan tertentu.
    1. Rancangan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Hamzah sudah menggunakan pendekatan
    kontektual, uraikan komponen dalam pembelajaran yang sudah menunjukkan pembelajaran yang
    kontekstual!
    2. Hal apa yang dapat dilakukan oleh Pak hamzah agar pembelajarannya menjadi lebih kontekstual?
    Jelaskan!

    3. ITM sebagai suatu strategi untuk membelajarkan IPS yang dapat mengikuti perkembangan jaman
    menjadi sangat penting. Sebagai kuatan yang cukup baru maka keterampilan untuk dapat
    mengintegrasikan IPS dengan ITM sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang optimal.
    Penerapan ITM memerlukan berbagai strategi agar sesuai dengan yang diharapkan, dan tentunya tidak
    mudah. Berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran yang
    berorientasi pada siswa.
    Jelaskan 4 (empat) karakteristik program ITM yang berhasil menurut Heath!

    4. Pembelajaran IPS yang materinya sangat luas dan kompleks mencakup geografi, sejarah, sosiologi,
    antropologi dan lainnya dengan tujuan sebagai sarana transfer budaya dan pemajuan peradaban harus
    selalu sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kolaborasi antara ilmu
    pengetahuan, teknologi, dan masyarakat sangat penting untuk mewujudkan tujuan IPS tersebut.
    Jelaskan 4 (empat) langkah yang dapat dilakukan sebagai sarana untuk pembelajaran ITM yang dapat
    mengoptimalkan tujuan yang diharapkan!

    5. Bu Ani melaksanakan pembelajaran sub tema 3 kelas 5 tentang peristiwa mengisi kemerdekaan
    dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sebelum menyampaikan pertanyaan Bu Ani
    sudah menunjuk satu siswa untuk menjawab pertanyaannya. Pertanyaan Bu Ani langsung ke materi
    misalnya ”apa yang menyebabkan Indonesia dijajah?”.
    1. Apakah metode bertanya Bu Ani sudah sesuai dengan komponen dalam keterampilan bertanya
    dalam pembelajaran?
    2. Uraikan cara yang lebih baik dilakukan Bu Ani dalam mengajukan pertanyaan kepada siswanya!

    6. Pak Karto guru kelas 5 mengajarkan materi tentang karakteristik geograsfis Indonesia sebagai negara
    kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
    komunikasi, dan transportasi. Sekolahnya berada di tepi sungai dan sawah yang sangat luas dan hijau.
    Jarak 500 M dari sekolah terdapat pasar pagi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat yang berbelanja
    kebutuhan pokok. Beliau ingin menggunakan sumber belajar lingkungan.
    1. Jelaskan lingkungan yang dapat menjadi daya dukung dan daya hambat dalam mencapai tujuan
    pembelajaran yang diharapkan!
    2. Uraikan dua jenis lingkungan yang dapat menjadi sumber belajar untuk pembelajaran Pak Karto!

Jawaban :

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Penulis
    Jawaban
  • #12273
    Parta Wijaya
    Peserta

    Pak Hamzah adalah guru senior yang sangat kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pemeblajaran.
    Beliau selalu memulai pembelajaran dengan apersepsi yang menarik dan beragam, yaitu lagu, puisi,
    pantun, cerita, dan lainnya. Pada kegiatan inti beliau sering menggunakan kasus-kasus nyata yanga
    ada di lingkungan sekitar anak yang menjadi pemantiknya. Diskusi kelompok selalu dilaksanakan
    dengan berbagai tipenya agar anak tidak bosan. Penilaian dilakukan selama proses, semua hal yang
    dilakukan anak mendapatkan penilaian dengan indikator yang jelas dan anak-anak mengetahuinya
    sehingga mereka menjadi semangat dalam mengikuti berbagai aktivitas yang dilakukan. Pada akhir
    pembelajaran siswa menarik kesimpulan dengan bimbingan guru. Tugas untuk dikerjakan di rumah
    selalu ada, mengerjakan soal, membaca buku, atau membuat laporan tertentu.
    1. Rancangan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Hamzah sudah menggunakan pendekatan
    kontektual, uraikan komponen dalam pembelajaran yang sudah menunjukkan pembelajaran yang
    kontekstual!
    2. Hal apa yang dapat dilakukan oleh Pak hamzah agar pembelajarannya menjadi lebih kontekstual?
    Jelaskan!

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.
Facestats
Forum
Tanya
Tanya Statistik

FREE
VIEW