Kurva sebaran

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #7978
    Nurhalisa
    Peserta

    Berikan contoh gejala yang dapat mempunyai kurva sebaran
    A. Miring positif
    B. Miring negatif

Jawaban :

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Penulis
    Jawaban
  • #7996
    StatistikaA
    Peserta

    A. Distribusi Miring Positif
    Sebuah distribusi positif miring adalah satu di mana ekor distribusi bergeser ke arah kanan, yaitu, ia memiliki ekor pada arah positif dari kurva. Untuk alasan ini, ia juga disebut distribusi miring kanan. Lebih tepatnya, distribusi dikatakan miring kanan jika ekor kanan lebih panjang dari ekor kirinya. Dalam distribusi ini, nilai rata-rata adalah ke arah sisi kanan puncak. Alasan untuk skewness ini adalah bahwa massa distribusi terjadi di sisi kiri dari kurva distribusi miring positif. Ini berarti bahwa sebagian nilai-nilai distribusi terjadi di sisi kiriDalam distribusi miring positif, skor ekstrim terjadi di sisi kanan dan memiliki magnitude yang lebih tinggi. Sebagai aturan, nilai rata-rata bergeser ke arah nilai ekstrim. Karena nilai ekstrim lebih besar dalam distribusi miring kanan, berarti memiliki nilai yang lebih tinggi. Bahkan, dalam distribusi positif miring, baik mean dan median lebih besar nilainya daripada modus, dan mean juga akan lebih besar dari nilai median. Salah satu cara untuk memutuskan apakah distribusi adalah miring positif atau miring negatif, adalah dengan rumus berikut:
    Koefisien Pearson dari Skewness = (Mean – Modus) ÷ Standar deviasi
    B. Distribusi miring negatif
    Sebuah distribusi miring negatif adalah satu di mana ekor distribusi bergeser ke arah sisi kiri, yaitu ke arah sisi negatif dari puncak. Hal ini juga disebut distribusi miring ke kiri. Dalam hal ini, ekor di sisi kiri lebih panjang dari ekor yang sebelah kanan. Nilai rata-rata dalam situasi ini terletak di sisi kiri dari nilai puncak. Sebuah distribusi miring kiri terjadi karena massa distribusi digeser ke arah kanan, yang berarti bahwa sebagian besar nilai-nilai terjadi di sisi kanan dari kurva distribusi negatif miring.
    Dalam distribusi tersebut, ekor kiri adalah bagian di mana nilai-nilai ekstrim terjadi, dan nilai-nilai ini lebih kecil besarnya. Karena rata-rata cenderung bergeser ke arah nilai-nilai ekstrim, lebih kecil dalam besarnya. Kedua mean dan median lebih rendah dari mode, dan di sebagian besar kasus tersebut, berarti juga akan lebih rendah dari median.
    Untuk distribusi miring ke kiri, Koefisien Pearson akan negatif, karena rata-rata distribusi tersebut lebih rendah dari modus. Inilah sebabnya mengapa distribusi seperti ini disebut sebagai distribusi miring negatif.

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.