hipotesis

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #8563
    Septi ilhami
    Peserta

    No. Nilai kelas 8A Nilai kelas 8B Diketahui 2 buah nilai hasil tes prestasi belajar siswa kelas 8A dan kelas 8B dengan jumlah masing-masing kelas 25 dan 20 siswa, nilai masing-masing kelas seperti pada tabel di samping. Ujilah apakah nilai tersebut secara statistika terdapat perbedaan?
    a. Tuliskan hipotesisnya
    b. Hitung nilai t
    c. Cocokkan dengan nilai t tabel

    1. 85 75
    2. 50 80
    3. 90 60
    4. 80 85
    5. 75 55
    6. 95 65
    7. 85 70
    8. 80 85
    9. 65 80
    10. 60 75
    11. 75 95
    12. 65 80
    13. 80 75
    14. 50 60
    15. 80 70
    16 95 85
    17. 80 60
    18. 95 70
    19. 75 65
    20. 85 95
    21. 90
    22. 75
    23. 95
    24. 85
    25. 80

Buku Referensi Penyelesaian :

Buku Pengantar Peluang dan Distribusi

Dengan membeli buku ini di online bookstore kami, Anda berkesempatan mendapatkan konsultasi gratis bersama kami mengenai Peluang dan Distribusi (Distribusi Normal, Binomial, Hipergeometrik, Poisson, dll) selama 7 hari setelah buku ini sampai ke tangan Anda.

~ R-Stats (Shopee)

Jawaban :

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Penulis
    Jawaban
  • #8569
    StatistikaA
    Peserta

    Diketahui \(\bar{X}_{1}=78\text{,}8\), \(n_{1}=25\), \( s_{1}=12\text{,}77\), \(\bar{X}_{2}=74\text{,}25\), \(s_{2}=11\text{,}50\), \(n_{2}=20\).
    A. Hipotesis
    \[\begin{aligned}H_{0}:\mu_{1}=\mu_{2}\\ H_{1}:\mu_{1}\neq\mu_{2}\end{aligned}\]

    Statistik uji :
    \[\begin{aligned}t&=\frac{\bar{X}_{1}-\bar{X}_{2}}{Sp\sqrt{\frac{1}{n_{1}}+\frac{1}{n_{2}}}}\\&=1\text{,}24\end{aligned}\]
    Rumus sp
    \[\begin{aligned}sp^{2}&=\frac{(n_{1}-1)s_{1}^{2}+(n_{2}-1)s_{2}^{2}}{n_{2}+n_{2}-2}\\&=12\text{,}23\end{aligned}\]

    t tabel = 2,017
    Kesimpulan
    t hitung < t tabel ( tolak H0)
    Artinya terdapat perbedaan hasil tes prestasi belajar siswa antara kelas 8A dan 8 B

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.
Tanya Statistik

FREE
VIEW