EVALUASI PELMBELAJARAN DI SD

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #12179

    1. Kasus:
    Pak Karta adalah guru yang mengajar di Kelas V. Pada kegiatan penilaian pembelajaran, Pak Karta
    mengembangkan instumen penilain untuk mengukur hasil belajar siswanya. Instrumen yang
    dikembangkan tersebut berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 item soal.
    Berdasarkan kasus tersebut, apabila Pak Karta menggunakan 4 buah pilihan jawaban dengan maksud untuk meningkatkan kualitas validitas isi instrumen tersebut, apakah tindakan tersebut sudah tepat?
    Kemukakan alasan Anda!

    2. Bu Rita mengembangkan dua buah perangkat instrumen tes yaitu Tes 1 dan Tes 2. Setelah dilakukan
    analisis diperoleh informasi bahwa koofesien reliabilitas Tes 1 sebesar 0,65 sementara koefisien
    reliabilitas Tes 2 sebesar 0,56. Berilah kesimpulan Anda terkait dengan kasus kedua pengakat tes
    tersebut.

    3. Sebuah data hasil penilaian dari salah satu item dengan menggunakan tes pilihan ganda disajikan sebagai berikut.
    Pilihan Jawaban A B C D
    Banyaknya siswa
    yang memilih
    10 13 22 5
    Berdasarkan data tersebut, jika kunci jawabannya adalah “A”, maka tentukanlah tingkat kesukaran item
    tersebut!

    4. Situasi dalam kegiatan pembelajaran:
    Bu Seno adalah seorang guru kelas IV. Pada pelaksanaan kegiatan penilaian pembelajaran di kelasnya dia menyusun tahapan-tahapan pelaksanaan penilaiannya dengan baik. Pada pelaksanaan penilaian Bu seno menyusun pedoman pengskoran agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Selain menilai kognitif, Bu Seno juga melakukan penilaian aspek lainnya seperti sikap dan keterampilan siswanya.
    Berdasarkan kasus tersebut, prinsip apakah yang diterapkan oleh Bu Seno dalam melaksanakan
    penilaian? Sertakan bukti yang menunjukkan prinsip tersebut pada situasi kasus yang diceritakan!

    5. Apakah yang dimaksud dengan pengayaan dalam kegiatan penilaian?

Jawaban :

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Penulis
    Jawaban
  • #13300
    Tambal Ban
    Peserta

    Situasi dalam kegiatan pembelajaran:
    Bu Seno adalah seorang guru kelas IV. Pada pelaksanaan kegiatan penilaian pembelajaran di kelasnya dia menyusun tahapan-tahapan pelaksanaan penilaiannya dengan baik. Pada pelaksanaan penilaian Bu Seno menyusun pedoman pengskoran agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Selain menilai kognitif, Bu Seno juga melakukan penilaian aspek lainnya seperti sikap dan keterampilan siswanya.
    Berdasarkan kasus tersebut, prinsip apakah yang diterapkan oleh Bu Seno dalam melaksanakan penilaian? Sertakan bukti yang menunjukkan prinsip tersebut pada situasi kasus yang diceritakan

Melihat 1 balasan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.
Facestats
Forum
Tanya
Tanya Statistik

FREE
VIEW