Cara Seleksi

  • Pencipta
    Topik Pertanyaan
  • #11261
    Ujang Sopian
    Peserta

    Panitia seleksi pemberian beasiswa suatu perusahaan hendak memperbaiki kualitas pemilihan calon mahasiswa yang akan diberikan pembiayaan pendidikan jenjang sarjana. Sebagai bahan pertimbangan panitia menggunakan hasil seleksi sebelumnya. Pada hasil seleksi tahun 2019 diperoleh informasi bahwa hasil tes yang diikuti 40 orang calon peserta yang memenuhi syarat administrasi memiliki nilai rata-rata adalah 4,5 (skala 0 – 10), simpangan baku 0,92, dan terpilih 5 orang dengan nilai tes lebih dari 5,56. Namun, jika melihat pelamar pada tahun 2018 diperoleh 100 orang calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi dan mengikuti tes yang diadakan oleh panitia.

    Berdasarkan informasi tersebut, panitia seleksi pemberian beasiswa memutuskan untuk membuat dua skenario pemilihan calon mahasiswa yang akan dibiayai. Skenario pertama, jika calon pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi berjumlah 50 orang maka akan dipilih calon peserta dengan nilai tes lebih dari 5 (skala 0 – 10). Selanjutnya, jika calon pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi berjumlah 100 orang maka akan dipilih calon peserta dengan nilai tes lebih dari 6 (skala 0 – 10).

    Menurut Anda, berdasarkan informasi nilai rata-rata dan simpangan baku hasil seleksi pada dua tahun sebelumnya tersebut (dengan asumsi hasil tes calon peserta berdistribusi normal), apakah kedua skenario tersebut dapat memilih 5 calon peserta yang akan mendapat beasiswa dari panitia seleksi pemberian beasiswa tersebut? Jika hanya salah satu skenario yang relevan, bagaimana cara panitia memperbaiki aturan pada skenario yang tidak relevan?

Jawaban :

  • Anda harus log masuk untuk menambahkan jawaban.