Diskusi Forum Statistika Uji Validitas dan Reliabilitas

Topik ini mengandung 5 balasan dan terakhir diperbarui oleh  R-Stats 5 bulan, 3 minggu yang lalu.

Melihat 6 tulisan - 1 sampai 6 (dari total 6)
  • Penulis
    Dilihat
  • #1048 Balasan

    Rully

    Assalamualaikum we.wb.
    Saya mau bertanya, saya sedang mengerjakan tugas akhir. Saya sudah meenggunakan uji validitas dan reliabilitas, lalu saya baru mengetahui adanya ketidak-valid-an di uji validitas. Saya ingin menghapus pernyataan tersebut. Nah, kebetulan pas saya uji reliabilitas, N masih 14 yang seharusnta 13 (karena dihapus satu) otomatis saya harusnuji reliabilitas lagi kan ya?
    Lalu setelah uji reliabilitas lagi, apakag itu akan mempengaruhi uji lainnya? Seperti uji normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas? Terimakasih. Maaf terlalu panjang.
    Wassalamualaikum.

    #962 Balasan

    Ulik

    Selamat pagi,
    Misalkan kita mau menguji tingkat kepuasan penggunaan sebuah aplikasi/program komputer dengan sampel 100 orang dg cara menggunakan kuesioner. Sebelum menyebarkan kuesioner kita melakukan uji validitas dan realibilitas.
    1. Siapakah orang yg berhak mengisi kuesioner utk uji validitas/realibilitas, apakah boleh mengambil dari 100 orang sampel kita ataukah orang lain spt pakar/ahli ?

    2. Adakah batas minimal responden utk uji validitas/Realibilitas?

    terimakasih

    #963 Balasan

    R-Stats
    Keymaster

    Tidak ada batasan baku untuk jumlah sampel dalam uji validitas dan realibilitas. Menurut saya, 10 sampel saja sudah cukup untuk pengujian validitas dan realibilitas. Jika item kuesioner masih banyak yang belum valid maka 30 sampel atau lebih menurut saya juga sudah cukup.

    Karena tidak ada batasan baku, maka gunakan saja referensi teknik pengambilan sampel sesuai bidang yang anda teliti.

    #1123 Balasan

    PUTRI SEPTA

    PAK SAYA PUTRI SEPTA DARI PALEMBANG MAU BERTANYA TERKAIT HAL RELIABILITY.
    SAYA SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI SAAT INI DAN MEMILIH EXPERIMENTAL RESEARCH. UNTUK MENGANALISA DATA NYA SAYA GUNAKAN ANOVA, PERTANYAAN SAYA APAKAH ANOVA BISA DIGUNAKAN UNTUK 2 VARIABLE, EFEKTIFKAH PAK? SSEDANGKAN ANOVA SENDIRI DIGUNAKAN UNTUK 3 VARIBALE.
    MOHON PENJELASANNYA PAK. TERIMAKASIH DAN MOHON DIBALAS VIA EMAIL

    #1124 Balasan

    PUTRI SEPTA

    tolong direspon yaa pak , saya masih bingung sebabnya

    #1127 Balasan

    R-Stats
    Keymaster

    Yang anda gunakan seharusnya pengujian menggunakan bivariat karena permasalahannya adalah variabelnya yang dua, sedangkan Anova digunakan jika kelompoknya yang lebih dari dua.

Melihat 6 tulisan - 1 sampai 6 (dari total 6)
Balasan Untuk: Uji Validitas dan Reliabilitas
Informasi Anda: