Diskusi Forum Statistika Skala data alat tes Zung SAS: ordinal atau rasio?

Di-tag: 

Topik ini mengandung 1 balasan dan terakhir diperbarui oleh  R-Stats 1 bulan, 3 minggu yang lalu.

Melihat 2 tulisan - 1 sampai 2 (dari total 2)
  • Penulis
    Dilihat
  • #1232 Balasan

    Margo

    Selamat sore, forum statistika
    Saya margo, ingin menanyakan mengenai skala ordinal dan skala rasio. Saya akan melakukan penelitian tingkat kecemasan dengan menggunakan alat tes Zung SAS atau ZSAS. Di berbagai referensi bahwa ZSAS masuk ke dalam skala ordinal, tp dosen pembimbing bilang katanya skala rasio, sedangakn teori zung ada 4 pilihan jawaban yaitu tidak pernah; kadang-kadang; sering; sangat sering. Dan ada 4 kategori tingkat kecemasan tidak cemas (20-49), cemas ringabn (50-59), cemas sedang (60-69), cemas berat (70-80).
    Permasalahannya, dosen menyuruh utk dijadikan rasio, cemas dan tidak cemas. Apakah saya hrs merubah teori zung, atau mengubah pakem dr tingkat kecemasan. Krn utk kuesioner tetap menggunakan 4 pilihan jawaban tp hasilnya harus 2 kategori saja, tidak cemas dan cemas. Apakah bisa jika dilakukan seperti itu?

    Mohon dibantu pencerahannya, terimakasih.

    #1245 Balasan

    R-Stats
    Keymaster

    Skala data hasil penjumahan skor dari kuesioner ZSAS adalah rasio. Jika dikelompokkan berdasarkan kategorinya, maka datanya akan berubah menjadi ordinal. Saya rasa tidak ada masalah dengan hal itu.

Melihat 2 tulisan - 1 sampai 2 (dari total 2)
Balasan Untuk: Skala data alat tes Zung SAS: ordinal atau rasio?
Informasi Anda: