Home Forum Statistika Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi, Histogram, Poligon dan Ogive

Melihat 2 tulisan - 1 sampai 2 (dari total 2)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #4443 Balas
    Rens Timo
    Tamu

    Umur sekelompok penduduk di suatu RT

    30 20 40 19 26 50 49 18
    43 19 15 36 60 49 33 30
    35 59 37 25 21 35 16 34
    55 27 34 47 40 27 45 25
    29 15 23 54 22 21 43 47

    a. Susunlah data-data tersebut dalam tabel distribusi frekuensi
    b. Susunlah dalam tebel frekuensi relatif perbandingan dan persentase
    c. Susunlah dalam tabel frekuensi kumulatif!
    d. Buatlah histogram, poligon frekuensinya dan ogif!

    #4446 Balas
    R-Stats
    Keymaster

    Saya tidak akan membantu mengerjakannya, tapi saya akan memberitahu bagaimana cara mengerjakan.

    1. Untuk membuat tabel frekuensi, yang dibutuhkan adalah kelas-kelas interval. Banyaknya kelas interval \((k)\) dapat ditentukan sendiri atau menggunakan rumus sturges, yaitu \[k=1+3\text{,}322 \log n,\] dimana \(n\) adalah banyaknya data. Selanjutnya tentukan panjang interval \((I),\) yaitu \[I=\frac{x_{max}-x_{min}}{k},\] dimana \(x_{max}\) adalah nilai maksimum dan \(x_{min}\) adalah nilai minimum. Selanjutnya susun kelas-kelas interval dalam satu kolom tabel berdasarkan panjang interval mulai dari nilai data terkecil. Berikutnya buat satu kolom lagi untuk kolom frekuensi \((f_i)\) dan hitung banyaknya data yang termasuk ke dalam kelas-kelas interval, gunakan tally untuk mempermudah penghitungan.
    2. Buat satu kolom lagi untuk nilai frekuensi relatif \((fr_i).\) Rumus penghitungannya adalah \[fr_i=\frac{fi}{n}\times 100\%.\]
    3. Frekuensi kumulatif \((F_i)\) terbagi dua, yaitu frekuensi kumulatif kurang dari \((F_i<)\) dan frekuensi kumulatif lebih dari \((F_i>).\) Frekuensi kumulatif kurang dari dihitung dari penjumlahan frekuensi kelas yang dihitung ditambah semua frekuensi kelas sebelumnya, sedangkan frekuensi kumulatif lebih dari dihitung dari penjumlahan frekuensi kelas yang dihitung ditambah semua frekuensi kelas setelahnya.
    4. Histogram dibuat dengan menggambarkan garis horizontal berdasarkan skala data, dan garis vertikal sebagai penunjuk nilai frekuensi. Selanjut buat grafik batang sesuai dengan kelas interval namun tidak boleh ada gab atau ruang kosong antara batang satu dengan batang yang lain. Poligon dibuat dengan menggambarkan garis vertikal dan horizontal yang sama seperti membuat histogram. Selanjutnya untuk membuat poligon buat titik-titik nilai tengah interval dan frekuesinya. Hubungkan titik tersebut yaitu antara titik nilai tengah sebelum dan sudahnya sehingga terbentuk suatu poligon. Frekuensi kumulatif kurang dari dan frekuensi kumulatif lebih dari dibuat dengan menggambarkan garis horizontal berdasarkan skala data, dan garis vertikal sebagai penunjuk nilai frekuensi kumulatif. Distribusi frekuensi kumulatif lebih dari dibuat dengan menghubungkan titik-titik nilai tengah interval dan frekuesi kumulatif kurang darinya. Hal yang sama juga dilakukan untuk distribusi kumulatif lebih dari.
Melihat 2 tulisan - 1 sampai 2 (dari total 2)
Balasan Untuk: Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi, Histogram, Poligon dan Ogive
Informasi Anda: